Kamis, 31 Maret 2011

Welcome in One Junior High school West Cikarang




Gb. Gerbang Utama SMPN 1 Cikarang Barat

Perkenalan

Pertama-tama kenalan dulu nieh, nama gw Siswoyo Ari Wijaya. Temen gw memanggilnya sis, ari, woyo, yo, dan siswoyo. Gw tinggal di wanajaya village, yaitu tempat tinggal tercinta. Gw lahir di Bekasi tanggal 18 Januari 1997, yaps. Umur gw 14 tahun di tahun 2011, gw study di SMPN 1 Cikarang Barat. Gw kelas 9, tepatnya si kelas 9.5. kelas ini terbilang kelas unggulan, karena anak kelas 9.5 nieh semuanya pinter-pinter. 
SMPN 1 Cikarang Barat, terletak di Jl. Imam Bonjol II Cikarang Barat. Ini termasuk sekolah favorite, karena banyak anak lulusan SD ingin bersekola di sini. Kalau dilihat dari fasilitas sekolah, ada beberapa fasilitas yang mulai di perbaiki, dan semestinya pihak sekolah mendukung fasilitas sekolah agar terjaga dan tetap kokoh. Yang pastinya tidak rusak.
            Gw mau nyeritaiin tentang sekolah gw yakni SMPN 1Cikarang Barat, menurut gw sekolah ini termasuk sekolah tua, karena menurut informasi yang gw dapatkan sekolah ini berdiri sejak tahun 1957. Dan juga menempati urutan ke 6 di kabupaten bekasi sebagi sekolah terlama.

Asal Mula SMP Negeri 1 cikarang Barat

                Dahulu SMP Negeri 1 Cikarang Barat termasuk kedalam wilayah kecamatan Cibitung, dan dahulu namanya bukan SMP Negeri 1 Cikarang Barat, tetapi SLTPN 1 Cibitung. Karena adanya pemekaran wilayah kecamatan, kecamatan cibitung dipecah di bagian selatanannya dan akhirnya cibitung bagian selatan berubah nama menjadi kecamatan Cikarang Barat.
Sebelum berdirinya gedung ke 3 atau gedung kelas IX. Gedung sekolah yang asli dari dulu hingga sekarang adalah gedung kelas VII.4-VII.9 itu merupakan gedung lama yang sampai sekarang tetap berdiri kokoh, walaupun sering  diperbaiki. Dari tahun-ketahun SMP Negeri 1 Cikarang Barat sering menang dalam mengikuti lomba di tingkat daerah, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi. Guru yang dari dahulu hingga sekarang masih ada yaitu bapak wakil kepala sekolah atau bapak Abu Toyib, bapak Unang, Ibu Ida Nurmala, Ibu Erna, dan bapak komite.
Dahulu SMP Negeri 1 Cikarang Barat mempunyai fasilitas olahraga yang sangat lengkap, dibandingkan dengan sekarang fasilitasnya mulai berkurang karena kurangnya perhatian dari pihak sekolah maupun dari siswanya. Walaupun fasilitas yang semakin berkurang, pihak sekolah akan merencanakan renovasi fasilitas olahraga.
Halaman SMP Negeri 1 Cikarang Barat pada tahun 1980-an adalah kebun, hutan karet, dan persawahan. Dibandingkan dengan sekarang halaman SMP Negeri 1 Cikarang Barat dipenuhi dengan lanatai semen dan kadangpula sampah yang berserakan.
Fasilitas SMP Negeri 1 Cikarang Barat   

                Fasilitas di SMP Negeri 1 Cikarang Barat bermacam-macam dari fasilitas olahraga, perpustakaan, ruang computer, ruang keterampilan, ruang laboratorium ipa, kantin, toilet, masjid dan telepon umum.
1.     Fasilitas Olahraga
Fasilitas olahraga SMP Negeri 1 Cikarang Barat kurang memadai dan kurang memfasilitasi, contohnya lapangan multifungsi SMP Negeri 1 Cikarang Barat. Lapangan ini mengapa disebut sebagai lapangan multi fungsi? Karena lapangan ini bisa digunakan untuk bermain bola voli saat jam olahraga, bola basket, dan bisa pula menjadi lapangan futsal. Walaupun lahannya kurang luas, tetapi siswa disini tetap menikmati fasilitas dengan apa adanya.

Gb. Lapangan multi fungsi SMPN 1 Cikarang Barat
                Walaupun sudah terlihat adanya perbaikan pada ring basket, gawang dan net bola Voli. Tetap aja jika kondisi lantai semennya banyak yang retak, dan apalagi jika hujan. Banyak air yang tergenang. Selama tiga tahun gw berskolah disini saya tidak pernah menemukan adanya olahraga lempar lembing, peluru, dan panahan. Gw tidak pernah mencoba olahraga semacam itu, menurut guru olahraga sih. Tidak ada lahan untuk mencoba olahraga semacam itu. Apalagi sekarang lapangan olahraganya sudah disemen jadi bisa rusak jika digunakan untuk lempar lembing dan peluru.
                Lapangan bulu tangkispun bermasalah, yakni garis pembatas yang suadah mulai pudar akibat air hujan dan sudah lama tidak diperbaiki, akibatnya air menggenang dan siswapun tidak mengetahui garis pembatasnya. Dan inipun perlu untuk diperbaiki.

Gb. Lapangan bulu tangkis
                Ruang olahraga SMP Negeri 1 Cikarang Barat bareng dengan ruang keputrian yang digunakan untuk mengaji. Dan kondisi langit-langitnya  banyak yang bolong. Padahal ada dua kelas yang tidak terpakai, fasilitas olahraga SMP Negeri 1 Cikarang Barat kurang memadai. Padahal perlengkapan untuk berolahraga tersedia.
                Seharusnya Pihak sekolah memperbaiki itu smua, sehingga sebelum kami melanjutkan ke SMA kami bisa meraskan fasilitas olahraga SMP Negeri 1 Cikarang Barat ini.
2.       Perpustakaan
Perpustakaan SMP Negeri 1 Cikarang Barat menyediakan buku bacaan yang menarik dari novel, cerpen, ensiklopedia, dan lain sebagainya. Perpustakaan ini berdiri sejak SMP Negeri 1 Cikarang Barat sedang giat-giatnya menang dalam lomba di tingkat kabupaten maupun provinsi. Perpustakaan ini belum terlalu lama berdiri. Sayang sampai sekarang ini hanya beberapa siswa saja yang mengunjungi perpustakaan.
Padahal dengan kita membaca buku apa saja. Ilmu kita tanpa disadari akan bertambah, dan saya berharap nanti kelak saya mengnjungi perpustakaan SMP Negeri 1 Cikarang Barat kondisi buku dan jumlah pengunjungnya meningkat. Seharusnya pihak sekolah menghimbau kepada anak didiknya untuk mengunjungi perpustakaan SMP Negeri 1 Cikarang Barat.
Ibu perpustakaan bernama Dra. Marlinah. Beliau orangnya sangat baik sekali kepada siwa sekolah ini, beliau guru Bahasa Indonesia dan tinggal di perum. Telaga Murni. Dan saat saya kelas VII, saya senang diajar dengan beliau. Orangnya suka cerita dan enjoy. Karena jasanya tak akan terbalas, gw tetap selalu mengingat beliau.
3.       Ruang Laboraturium
A. Laboraturium Komputer
                Ruang ini digunakan untuk praktek mata pelajaran TIKOM, tetapi kondisi ruangannya tidak memungkinkan. Karena banyak computer yang off dan kebersihan serta perawatan yang kurang memadai.
B. Laboraturium Ketermpilan
                Ruang ini sering digunakan untuk praktek mata pelajaran tata busana, di ruangan ini banyak tersedia mesin jahit. Tetapi sayangnya banyak mesin jahit yang mati mungkin  semuanya tidak nyala. Ruangan ini hanya dikunjungi oleh siswa kelas IX saja.
C. Laboraturium IPA
            Ruang ini digunakan untuk praktek mata pelajaran IPA, baik Fisika, kimia maupun  biologi. Ruangan ini lebih baik dari ruangan laboraturium sebelumnya. Karena ruangan ini sudah diperbaiki oleh pihak sekolah ataupun dari pemerintah. Perlengkapan peralatannya cukup baik, dari alat peraga hingga alat penguji.

Gb. Ruang Laboraturium IPA
                Dari ketiga ruang laboraturium diatas hanya satu ruangan yang sudah di renovasi, untuk ruang laboraturium computer sebaiknya pihak sekolah memperbaiki seluruh kondisi computer yang off, agar siswa SMP Negeri 1 Cikarang Barat belajar secara nyaman dan menikmatinya.
                Untuk ruang keterampilan banyak sekali mesin jahit yang mati, apabila mesin jahit semuanya nyala. Apa yang terjadi? SMP Negeri 1 Cikarang Barat mempunyai kerajinan kriya tersendiri. Jika kondisi ini dibiarkan sangat disayangkan sekali. Saya berharap ditahun mendatang ruang laboraturium yang rusak itu sudah normal kembali dan layak untuk digunakan.
4.     Fasiltas yang lain
A. Kantin
            Kantin SMP Negeri 1 Cikarang Barat dibagi menjadi dua ada yang di sebelah barat dan selatan. Di sebelah barat kondisinya cukup untuk dibilah layak karena tertata rapih, tetapi yang memperihatinkan kantin yang ada di sebelah selatan yakni kondisinya kurang memadai, Kenapa? Soalnya jika siswa tersebut sehabis dari kantin, jika hujan turun sepatu mereka akan mengotori lantai kelas ataupun lantai lorong.
Gb. Kantin
                Walaupun jika hujan turun kantin ini tetap ramai karena disinilah kantin terlengkap, seharusnya pihak sekolah memperbaiki segera kondisi kantin ini, agar siswanya nyaman dalam beristirahat. Menurut gw yang perlu diperbaiki adalah kondisi tanahnya apabila hujan turun. Seharusnya di on block dengan batu atau dengan semen.
B. Toilet
                Toilet SMP Negeri 1 Cikarang Barat terbagi menjadi 3 bagian ada di sebelah barat, dan utara. Kalau gw pengen buang air kecil emmm bau banget, dan pintunyapun banyak yang engselnya rusak. Duh memperihatinkan sekali kondisi ini. Jika dibiarkan kuman dan penyakit akan berkembang secara cepat, karena kuman dan penyakit datang dari tempat yang kotor.
                Gw udah 3 tahun skolah disini belum pernah merasakan adanya perbaikan toilet, walaupun sudah diperbaiki tetap aja rusak, ulah ini berasal dari tangan jail siswa yang tidak mau bertanggung jawab. Dari ketiga toilet itu tidak ada yang memadai, rata-rata semuanya sama.

Gb. Toilet
                Jika dibidang kebersihan sekolah ini menang gw gak percaya, tolitnya aja kayak gitu. Seharusnya pihak sekolah seharusnya memperbaiki toilet tersebut. Agar siswa dapat merasakan fasilitas yang memadai. Dan kitapun harus ingat dengan hadist kebersihan bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman.  
C. Masjid
                SMP Negeri 1 Cikarang Barat mempunyai masjid yang bernama masjid al-falah yang berdiri sejak tahun 2002, maybe. Masjid ini sekarang sedang mengadakan renovasi di bidang fisik bangunannya, mungkin semuanya di renovasi dari tolilet, tempat wudhu dan kondisi masjidnya.
                Bangunan masjid ini dirancang oleh guru TIK yaitu Bapak Agus Suparno dia sekarang tidak mengajar lagi, karena pindah ke dinas pendidikan kabupaten bekasi. Masjid ini jika dilihat dari makenya cukup keren juga dari disgnnya maupun dari bentuk bangunannya, masjid ini ditargetkan selesai tahun ini di bulan ramadhan. Jadi angkatan sekarang khususnya kelas 9 hanya merasakan masjid seperempat jadi ini.
D. Koperasi SMPN 1 Cikarang Barat
            Koperasi ini bernama bina usaha, yang melayani siswanya untuk membeli perlengkapan sekolah, dari seragam maupun atributnya. Koperasi ini berdiri tidak terlalu lama, dan yang melayani koperasi ini adalah ibu sri ips, ibu anik, dan bp joko sriyanto. Mereka sangat tulus melayani siswanya untuk membeli keperluannya.

Gb. Koperasi SMP Negeri 1 Cikarang Barat
                Saya mengalami diajar dengan bu sri. Selama dua tahun saya diajar ips dengannya. Dari kelas VII-VIII, beliau termasuk guru gaul dan senang untuk diajak bercanda. Cara beliau mengajarnyapun berbeda dengan guru yang lain. Saya salut dengannya, gw acungkan jempol dwehh.. jika dilihat kedalam ruangan koperasi ini, gelap dan mungkin banyak debu. Seharusnya pihak sekolah melengkapi koperasi ini dan memanfaatkannya.
Kelas SMP Negeri 1 Cikarang Barat

            Disini terdapat 28 kelas Dari kelas VII sampai kelas IX, untuk terkeculai kelas Sembilan yaitu berjumlah 10 kelas dari IX.1-IX.5. Gw sendiri duduk dikelas IX.5 yang dibilang orang sebagai kelas unggulan, awalnya tidak percaya dari waktu kewaktu percaya karena terbukti bahwa banyak anak yang pintar-pintar, saingannya berat-berat kalau dikelas ini.
            Dikelas gw mempunyai banyak keunikan dan cerita, dan juga banyak temen gw yang mirip artis. Yaitu mirip dengan vokalis d-masiv. Mirip abisss. Walaupun unggulan kita tidak beda dari yang lain, yaitu jika jam kosong kita ngobrol bareng alias ngrumpi, ada yang ngrumpi dengan teman sebangku ataupun ngrumpi dengan teman sekelas.
            Kalau yang rajin mah sibuk baca atau ngerjain tugas. Tetapi kita berisik yang wajar-wajar aja dan suara kita tidak kederangan di kelas VIII. 9, hahahahaha ngelawak. Inilah gambar kelas IX.5 saat sehari kemarin.

Gb. Kelas IX.5
                Kelas kita pernah diteror m kelas lain dengan kata-kata yang memfitnah, jika kalian ingin liat baca yang di papan tulis itu. Kalau kelihatan. Raja IX.5 dipimpin oleh abdul aziz, dia dijabat sebgai km kelas kita. Diapun orangnya pintar dan terbuka. Kami akan mengalami masa-masa mengangkan dan mengharukan. Kami tidak akan bertemu lagi jika tidak diadakan ketemuan atau kebetulan ketemu. Selamat berpisah friend…… sedih gw nieh (~_~)
Kemajauan SMP Negeri 1 Cikarang Barat

            Jaman teknologi seperti sekarang ini berpengarug bagi SMP Negeri 1 Cikarang Barat dan manusia lainnya. Globalisasi semakin merajai dunia, dan sampai-sampai menggulungi kehidupan manusia.
            Hal ini terlihat bahwa sekarang siswa SMP Negeri 1 Cikarang Barat belajar menggunakan laptop, notebook, dan netbook. Hal ini bermula saat siswa kelas IX.5 iseng-iseng bawa laptop sambil mengerjakan tugas di kelas, karena teman yang lain melihat akhirnya satu persatu membawa laptop. Gw ngambil gambar temen gw sedang diskusi dengan teman sekelas mengenai tugasnya dngan laptop dibawah ini.
\
Gb. Siswa yang sedang berdiskusi
                Dampak ini baru tersebar di kelas unggulan saja. Kalau dikelas lain belum, tetapi kita harus menjaga diri agar barang berharga ini tidak hilang dan kita harus menjaganya. Karena pihak sekolah tidak bertanggung jawab atas kehilangan benda milik siswa.
Pekerjaan Rumah Untuk Pihak Sekolah

            Pekerjaan ruamah yang harus dikerjakan oleh pihak sekolah cukup banyak, diantaranya merenovasi fasilitas olahraga, mermperbaiki ruang laboraturium keterampilan beserta mesin jahitnya, merenovasi ruang laboraturium computer beserta komputernya,  merenovasi toilet dan merenovasi gedung-gedung yang rusak dan tidak terpakai. Walaupun siswa tidak membayar iuran bulanan, bukan berarti tidak ada dana untuk merenovasi fasilitas sekolah.
            Kita bisa lihat bahwa fasilitas sekolah kita semakin lama berkurang, akibat tidak dirawat. Dan semoga pihak sekolah memperbaiki dan merenovasi yang gw sebutkan diatas tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar